Home / KEUNGGULAN KAMI / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan kelompok OSIS.

Kegiatan MPLS Siswa-Siswi Baru di SMK Wiyata Husada – Kota Batu

Hari Pertama 

Pembekalan malam untuk peserta MPLS pada jam 16.35 sampai magrib di aula dengan para anggota OSIS

Danton peserta MPLS pada saat latihan upacara di lapangan pada malam hari saat sehabis ishoma pukul 18.30 sampai 19.30 dengan suasana serius dan tertib

Hari Kedua

Petugas upacara pembukaan MPLS Tahun Ajaran 2017-2018 dilakukan oleh anggota OSIS , Semua siswa smk wiyata husada dan peserta mengikuti upacara pembukaan MPLS di lapangan pada jam 06.45 sampai dengan 08.00 dengan tertib dengan para dewan guru dan staf SMK Wiyata Husada yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMK Wiyata Husada.

Penyematan tanda simbolis pembukaan PLS dilakukan oleh drg. Cicik Stiyawati selaku kepala sekolah kepada perwakilan program keahlian.

 

Halal bialal siswa smk wiyata husada dan peserta MPLS dengan dewan guru dan staf di lapangan pada jam 08.05 sampai 08.20 dengan penuh kasih sayang.

Untuk mengisi kegiatan intermezzo, kami dari pihak OSIS membuat game itu diaplikasri tersebut yaitu ikan dengan sebuah materi Anatomi yang merupakan mata kuliah dari dr. Triyanto Sauddin dan yang menjelaskan materi yaitu Amirul Haziq (Wakil Ketua OSIS). Setelah disampaikan materinya dan diberikan tugas, maka peserta MPLS harus berdiskusi dengan anggota kelompoknya mengenai materi tersebut.

Selanjutnya ada penyampaian materi tentang Kurikulum SMK Wiyata Husada oleh Waka. Kurikulum yaitu Ibu Dwi Utariningsih,S.Pd

Kegiatan selanjutnya adalah game, game tersebut dilakukan peserta PLS dengan cara mendengarkan instruksi dari Panitia Penyelnggara. Game tersebut antara lain bola di tengah, Kapal Pecah dan tongkat goyang. Tujuan game ini adalah untuk melatih kekompakan dan tanggung jawab peserta PLS.

About wahyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *